Tips Menjalani Masa PPKM dengan Menerapkan Protokol Kesehatan ala SehatQ

  • Whatsapp
ppkm

Akibat lonjakan kasus positif Covid-19, pemerintah kembali menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dengan kebijakan ini, mobilitas masyarakat benar-benar akan dikurangi dengan tujuan untuk menekan kasus positif Covid-19. Kebijakan ini berlaku untuk daerah Jawa-Bali dari tanggal 3-20 Juli 2021. Sebagian orang menyambutnya dengan baik namun tak sedikit yang menyayangkan keputusan tersebut.

Kebijakan PPKM ini sebelumnya sudah pernah diterapkan oleh pemerintah. Sehingga masyarakat seharusnya tidak kaget dengan aturan-aturan yang bakal diterapkan. Selain harus menjalani aktivitas seperti biasanya, masyarakat juga harus bisa menjaga diri agar tidak terpapar virus.

Tips Menjalani Masa PPKM Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Meski PPKM diberlakukan, Anda harus tetap menerapkan beberapa protokol kesehatan ini.

Gunakan Masker Dobel Serta Face Shield

Untuk memberikan efektifitas lebih, gunakan dua masker sekaligus untuk menutupi bagian mulut dan hidung. Anda bisa menggunakan masker medis untuk lapisan pertama dan masker kain untuk lapisan kedua. Dengan cara ini, akan mencegah kebocoran udara dan partikel yang tidak disaring. Selain itu, Anda perlu menggunakan face shield saat bepergian ke luar.

Selalu Jaga Jarak Dan Cuci Tangan

Saat ada aktivitas yang memaksa Anda untuk pergi ke luar rumah, selalu terapkan jaga jarak minimal 1 meter. Perlu diketahui, tidak semua orang yang terpapar positif virus Corona menunjukan gejala-gejalanya. Tak sedikit penderita yang tampak sehat-sehat saja, sehingga Anda harus berhati-hati saat bepergian. Jika memungkinkan, Anda juga harus rajin mencuci tangan dengan air bersih.

Perhatikan Ventilasi Udara

Apakah rumah Anda memiliki ventilasi udara yang baik ? Jika tidak, segera perbaiki untuk kualitas udara yang lebih sehat. Melalui panduan PPKM darurat, pemerintah memang menyarankan masyarakat untuk memiliki ventilasi udara yang bagus. Ini bisa dilakukan dengan membuka pintu maupun jendela dengan tujuan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Olahraga Secara Rutin

Meski disibukan dengan pekerjaan, Anda harus tetap menjalani olahraga. Anda bisa melakukannya di rumah, banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan tanpa memerlukan alat atau area yang luas. Misalnya seperti yoga, push up, sit up atau yang lainnya. Anda bisa membaca artikel kesehatan dari SehatQ untuk mendapatkan lebih banyak tips.

Makan-Makanan Sehat

Dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, tentu akan bagus untuk tubuh. Anda bisa rutin mengkonsumsi makanan seperti buah ataupun sayuran segar untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jika Anda terbiasa ngemil di rumah, coba untuk menghindari kebiasaan tersebut. Mulai untuk memilih makanan yang lebih berkualitas demi kesehatan tubuh. Karena pada masa pandemi ini, kesehatan jauh lebih penting.

Tetap Menjalin Komunikasi Dengan Orang Luar

Saat masa PPKM berlangsung, Anda disarankan untuk tidak berinteraksi langsung dengan orang lain. Solusinya, Anda bisa berkomunikasi secara virtual baik melalui video call maupun video conference. Dengan tetap menjalin komunikasi dengan orang lain, Anda akan terhindar dari yang namanya stres. Karena stres inilah yang terkadang justru menyebabkan tubuh tidak sehat.

Usahakan Selalu Dirumah

Selama PPKM, sebisa mungkin untuk tetap berada di rumah untuk mengantisipasi terpapar virus. Apalagi jika Anda sedang sakit, akan lebih baik untuk beristirahat di rumah. Sesekali, Anda bisa pergi keluar untuk membeli keperluan atau kepentingan mendadak. Lakukan aktivitas ringan yang menyenangkan seperti menonton film, membaca artikel dan sebagainya.

Itulah tips menjalani PPKM dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah menerapkan kebijakan ini demi menjaga keselamatan masyarakatnya, maka dari itu lebih baik patuhi kebijakan tersebut.

Related posts